About Us

'Toko Amesco Coffee'

Amesco Coffee, pengolah Kopi ‘Arabika dan Robusta’dari Pelosok Nusantara. Kopi Nasional memiliki aroma harum, khas dan rasa nikmat,  mampu bersaing. Memajukan produk nasional merupakan bahagian dari ‘misi kami’. Banyak kegiatan terkait sejak dari hulu, para petani, pengolah, transporter, pekerja industri UKM Industri Kopi Nusantara. Saling Percaya dan Kerja Keras adalah Enersi Sukses Untuk Semua

Selamat Datang di  Toko.AmescoCoffee.Com

“Kopi Arabica” ? Kopi ini umumnya memiliki aroma wangi. Di roasting pada level coffee “medium to dark”. Rasa dan aroma harum fruity dan khas kopi sesuai daerah asalnya bisa muncul optimal. Rasa kopi ada sedikit asam, rasa kental dimulut, hanya sedikit pahit, dan memiliki tekstur lebih halus.

Rasa Asam Kopi arabika umumnya ada dua macam, yang pertama rasa asam positif seperti layak nya rasa asam pada buah buahan yang manis, dan rasa asam negatif, rasa yang terbentuk umumnya dari pilihan cara proses pasca panen. Rasa asam seperti asam cuka (sour), tingkatan asam yang sangat tinggi bisa muncul. Itu sebabnya ada pemilihan proses pasca panen akan muncul optimal aroma dan rasa yang dikehendaki. Jenis kopi per daerah juga menghasilkan perbedaan tersebut. Tanaman kopi arabika umumnya hidup pada daerah yang dingin dan sejuk. 

Kopi Robusta?“ Kopi ini umumnya memiliki rasa yang lebih kuat (pahit dan tidak begitu asam). Kopi ini lebih gemari oleh para pencinta kopi pahit dan bagi orang-orang yang ingin melek dengan bantuan kopi ini, karena  memiliki caffeine” yang lebih tinggi dibandingkan kopi arabika. Kopi robusta juga memiliki aroma khas harum robusta yang berbeda untuk setiap kopi sesuai daerah asal sumber kopinya.

Tanaman kopi robusta hidup pada daerah yang agak kurang dingin dan sejuk alias dataran lebih rendah dibanding kopi arabika. Kopi robusta mengandung Kafein lebih tinggi dibanding arabika. Kekentalan nya berbeda beda pada setiap jenis kopi daerah, dan sehingga rasa yang berbeda. Itu sebabnya pekerja yang suka kerja keras, menyenangi kopi robusta. Maka pilihlah Kopi Robusta Yang anda sukai.

Buat Kopi dengan cara : 

  1. Pilih kopi (arabika, robusta, kopi blend), merek sesuai asli daerah kopi 
  2. Level roasted coffee, ‘Medium to Dark’  Roasted
  3. Pilih Ukuran bubuk kopi, (coarse, medium, fine?). Kopi bubuk halus (fine) umunya bila membuat kopi tubruk (seduh langsung dengan air panas)
  4. AturSuhu air’ untuk brewing, (92-98 oC)
  5. Siapkan saringan / filter dan gelas (tanpa saringan untuk kopi tubruk) 
  6. Siapkan Atur perbandingan (Rasio) ‘berat gram bubuk kopi versus berat minuman kopi akhir. ‘Untuk kekentalan kopi’ (1:5 , 1:6 , 1:8 , 1:10) perbandingan berat (bubuk : bubuk & air)
  7. Atur lama Proses ekstraksi kopi – Atur ‘lama waktu kontak‘ air panas terhadap bubuk kopi (saat proses ekstraksi kopi diatas saringan) (3-4 menit, pelan pelan saat air melewati seluruh bubuk kopi yang ada disaringan)
  8. Siapkan dan buatkopi saring’ atau Kopi tubruk’ (tanpa saring) sesuai selera. 
  9. Catatan / Saran: Semakin hitam kopinya (dark Roasted), turunkan sedikit suhu air (jangan terlalu panas dan jangan terlalu halus kopinya).
  10. Cara lain membuat kopi pasti ada. Uraian teknis membuat kopi (point 1 sampai 9) diatas,  itu versi Amesco Coffee. Pilihan ditangan anda. Silahkan pilih.

Alat Penyeduh Kopi. 

Ada berbagai jenis peralatan bantu pembuat minuman kopi, bisa membantu proses teknis pembuatan minuman kopi, agar rasa, dan aroma kopi yang baiknya muncul. Berbagai harga. Pembuatan kopi secara manual bila dikerjakan secara baik akan lebih optimal, tentu bagi yang menyenangi proses pembuatan tersebut.

Pembuatan minuman kopi, dipengaruhi oleh variabel jenis kopi, ukuran kopi giling yang digunakan yang berpengaruh pada proses ekstraksi (kemampuan air panas memasuki butiran mengambil rasa dan aroma kandungan kopi) saat pembuatan minuman kopi yang diseduh dengan alat bantu tertentu tadi.

Pemilihan suhu air pembuatan kopi juga ada pengaruh. Demikian juga durasi (lama kontak air panas versus bubuk kopi) saat brewing. 

Report ya? Kalau sudah biasa tidak repot. 

Cara lain, beli minuan kopi via barista – ahli pembuat kopi yang terlatih. Mahal ? Coba buat versi yang kami diuraikan diatas tadi.

Tentang Kopi

Di Toko.AmescoCoffee.Com – Toko ‘Kopi Kopi Pilihan’

Mari ngobrol tentang keajaiban kopi. Senang sekali bisa ketemu sahabat pembaca yang suka hidangan minuman kopi. Menikmati kegiatan rutin sambil minum kopi, kopi pilihan – Kopi Indonesia. Kopi Pilihan tersedia di Toko Amesco Coffee.

Biji kopi itu Ajaib. Biji kopi itu ajaib lho, bisa nikmat, harum bila dikelola secara baik agar diperoleh hasil akhir yang terbaik bawaan kopi tersebut. Munculkan karakter bawaan asli biji kopi, maka kopi itu menjadi istimewa. Berikut kutipan koleksi tulisan narasi para penulis kopi coba disimak. Ada ‘rahasia’ untuk mendapatkan rasa dan aroma kopi yang terbaik.

Asal Kopi. Pilih jenis kopi mulai dari tanaman tempat asal pertanian, maka didapat kopi daerah asal. Misalnya Kopi Aceh Gayo, Kopi Sidikalang, Kopi Lampung, Kopi Malabar, Kopi Java Preanger, Kopi Bali, Kopi Flores, Kopi Toraja, Kopi kopi lain, tidak disebutkan disini sampai ke Kopi Papua. Itu Kopi Indonesia.

Kopi Arabika atau Robusta. Ada juga yang memilah jenis butir kopi – jenis kopi arabika atau robusta. Keduanya memiliki karakter berbeda walau mungkin diperoleh dari wilayah sama. Tentu di area pertanian diketinggian yang berbeda. Arabika umumnya tumbuh dikawasan yang lebih dingin, diarea yang lebih tinggi. Arabika memiliki rasa lebih wangi dan rasa asam buah buahan nya lebih menonjol. Biji kopi Arabika satu wilayah berbeda rasa dengan arabika hasil tani wilayah lainnya. Demikian juga biji kopi robusta hasil suatu daerah berbeda rasa dengan robusta hasil tani wilayah lain. Itulah kekayaan hasil tani kopi Indonesia. Berbagai kopi arabika dan robusta tersedia.

Proses Biji Kopi Pasca Panen. Sesama biji kopi, bila dipanen dan diolah sampai menjadi butiran biji kopi kering sebelum di roasting “bila dikelola dengan Cara Berbeda” akan menghasil ‘rasa dan aroma’ berbeda. Maka dikenal cara kelola butiran sampai serba berbeda. Misal dengan cara olah basa full wash, semi full wash atau kombinasi, cara di fermentasi untuk menampilkan aroma bawaan atau wine bawaan kopi berbeda, natural dan mungkin kombinasi cara olah dari kesemua itu.

Roasting Biji Kopi. Melalui mesin roasting, diproses butiran biji kering menjadi ‘roasted coffee’. Level roasting bisa light, medium, medium dark, light dark dan dark roasted. Level Roasting dipilih ‘medium to dark’ roasted dan diatur oleh roater coffee terlatih. Setelah diroasting, butiran kopi akan memberikan aroma rasa khas masing masing yang berbeda tersebut. Hasil Roasting dan pilihan Level Roasting mempertajam hasil, akan semakin optimal disesuaikan dengan kondisi bijian kopi tersebut. Process roasting perlu hati hati. Roasting yang tidak tepat justru menghilangkan ciri masing masing butiran asli kopi dan bisa hanya jadi sekedar dark coffee kopi biasa.

Ukuran Kopi. Ukuran butiran kopi pasca giling, level kematangan kopi hasil roasting serta cara ekstraksi kopi saat kontak dengan air panas atau dingin memberi pengaruh terhadap ‘rasa dan aroma’ minuman kopi. Alat bantu penyeduh kopi juga membantu proses mendapatkan aroma dan rasa kopi terbaik.

Peran Barista Saat pembuatan minuman kopi. Tahap pembuat minuman kopi oleh para barista di caffe, diwarung kopi, hotel, restoran, atau dirumah yang juga turut menentukan rasa akhir minuman yang baik. Kopi yang baik dengan hasil roasting yang baik akan menjadi minuman kopi dengan rasa optimal, bisa ter-ekstraksi, memunculkan optimal saat dihidangan oleh kemahiran teknik pembuat kopi oleh para barista kopi. Keahlian tersebut dimiliki mereka. Rasa dan aroma dibantu oleh kualitas butiran kopi hasil roasting, ukuran butiran hasil giling dan jenis kopi yang di pilih menjadi perpaduan rasa akhir kopi. Pilihlah Kopi di Toko.AmescoCoffee.Com yang diolah khusus untuk anda anda pencinta kopi.

Admin.